Kelas merupakan inti dari pemrograman Java. Setiap program Java merupakan kelas. Ini artinya, setiap konsep atau kasus pemrograman yang ingin anda implementasikan kedalam Java, haruslah dibungkus kedalam sebuah kelas.
Kelas adalah semacam cetakan, atau template, untuk membuat Objek. Seumpama kita membangun rancangan rumah yang digunakan untuk membangun ratusan rumah, hal ini bisa dilakukan karena semua objek rumah yang dibangun memiliki karakteristik yang sama, sehingga dapat dibuatkan semacam blueprintnya, tetapi objek yang dibangun tetap akan memiliki bentuk fisik tertentu.
Penting untuk diperhatikan bahwa kelas masih bersifat abstrak. Pada saat kita membuat sebuah kelas baru, berarti kita mendefinisikan tipe data baru. Sekali didefinisikan, maka tipe data baru ini dapat digunakan untuk membuat suatu objek dari tipe tersebut. Dengan kata lain, kelas adalah pola (template) untuk pembuatan objek, dan objek adalah wujud nyata (instance) dari sebuah kelas.
Mendeklarasikan kelas
Class NamaKelas{
Tipe data1;
Tipe data2;
…
Tipe dataN;
Tipe method1(daftar-parameter){
//kode untuk method1
}
Tipe method2(daftar-parameter){
//kode untuk method2
}
Tipe methodN(daftar-parameter){
//kode untuk methodN
}
}
Mendeklarasikan Objek
Semua benda yang ada di dunia nyata dapat dianggap sebagai objek. Contoh : rumah, mobil, sepeda motor, gelas, komputer, meja dll. Setiap objek memiliki atribut sebagai status (state) dan memiliki tingkah laku (behavior). Contoh : objek sepeda memiliki atribut (state) : pedal, roda, jeruji, warna, jumlah roda. Memiliki tingkah laku (behavior) : kecepatanya menaik, kecepatannya menurun, perpindahan gigi sepeda
Pada saat kita membuat suatu kelas, kita hanya membuat tipe data baru, bukan membuat objek baru. Untuk membuat objek baru dari tipe kelas yang telah didefinisikan, kita perlu melakukan dua tahap. Pertama, mendeklarasikan variabel yang digunakan sebagai referensi ke objek dari kelas bersangkutan. Kedua, kita perlu menginstansiasi kelas dengan menggunakan operator new dan memasukkan instance-nya kedalam variabel referensi yang baru saja kita deklarasikan.
Pada saat kita membuat suatu kelas, kita hanya membuat tipe data baru, bukan membuat objek baru. Untuk membuat objek baru dari tipe kelas yang telah didefinisikan, kita perlu melakukan dua tahap. Pertama, mendeklarasikan variabel yang digunakan sebagai referensi ke objek dari kelas bersangkutan. Kedua, kita perlu menginstansiasi kelas dengan menggunakan operator new dan memasukkan instance-nya kedalam variabel referensi yang baru saja kita deklarasikan.
Berikut contoh program :
class Kotak {
double panjang;
double lebar;
double tinggi;
}
class DemoKotak1 {
public static void main(String[] args) {
double volume;
Kotak k = new Kotak(); //Membuat objek kotak dengan nama k
// Mengisikan nilai ke dalam data-data kelas Kotak
k.panjang = 4;
k.lebar = 3;
k.tinggi = 2;
// Menghitung isi/volume kotak
volume = k.panjang * k.tinggi * k.lebar;
// Menampilkan nilai volume ke layar monitor
System.out.println("Volume kotak = " + volume);
}
}
Saat dijalankan, program diatas akan memberikan hasil seperti berikut :
Volume kotak = 24.0
Pembahasan :
Pada kode program diatas, kita telah mendeklarasikan sebuah kelas dengan nama Kotak. Kelas kotak memiliki data/variabel berupa panjang, lebar dan tinggi. Oleh karena kelas hanya akan membuat sebuah pola (template), maka objek aktual dari kelas Kotak tersebut harus kita buat sendiri dengan cara : Kotak k = new Kotak();. Disini, Kotak adalah kelas, dan k adalah objek atau instace dari kelas Kotak.
Program diatas harus disimpan dengan nama DemoKotak1.java. Alasannya, method main() terletak pada kelas CariVolume. Method akan saya bahas pada postingan berikutnya!
Pada kode program diatas, kita telah mendeklarasikan sebuah kelas dengan nama Kotak. Kelas kotak memiliki data/variabel berupa panjang, lebar dan tinggi. Oleh karena kelas hanya akan membuat sebuah pola (template), maka objek aktual dari kelas Kotak tersebut harus kita buat sendiri dengan cara : Kotak k = new Kotak();. Disini, Kotak adalah kelas, dan k adalah objek atau instace dari kelas Kotak.
Program diatas harus disimpan dengan nama DemoKotak1.java. Alasannya, method main() terletak pada kelas CariVolume. Method akan saya bahas pada postingan berikutnya!
0 comments:
Posting Komentar